The Story Board

Kisah yang terinspirasi dari penyertaan Tuhan dalam pelayanan yang dikerjakan selama ini. Segala kesulitan, krisis, tangis, suka dan duka dibuatNya begitu indah untuk membuat hambaNya semakin bergantung padaNya dan semakin mengandalkanNya.
Thanks, To God. So smile and be gladd.. with Your eyes, Your mouth, Your hands and Your feet.
biarlah 'kaki' ini terus menorehkan catatan yang menyenangkan hati Tuhan, biarlah setiap langkah kaki ini memberi warna bagi hidup orang lain.

Venny

Selasa, 15 Juni 2010

Prosedur - prosedur dalam Penelaahan Alkitab

1. Meneliti dengan seksama apa yang telah ditulis oleh pengarang. Inilah langkah yang paling penting dalam penelaahan Alkitab dan harus didahulukan. Semakin teliti dan seksama penelitian saudara semakin berartilah tafsiran dan penerapan saudara dan akan semakin jujurlah penilaian saudara dan lebih kaya penerapannya.

2. Menafsirkan secara objektif apa yang dituliskan pengarangnya. Setelah saudara meneliti dengan seksama apa yang dikatakan pengarangnya, tentukan apa yang sebenarnya dimaksudkan dengan perhatiannya itu. Saudara harus mencoba untuk menemukan pikiran, sikap, emosi, dan tujuan pengarang.

3. Menyimpulkan dengan singkat pokok - pokok pikiran dalam bagian itu. Meskipun penyimpulan ini disebut sebagai langkah yang ketiga, sebenarnya langkah ini merupakan suatu proses yang harus dilakukan sehubungan dengan langkah penelitian dan penafsiran. Usaha untuk menyimpulkan fakta - fakta yang telah saudara miliki dan kemudian arti dari fakta itu.

4. Menilai dengan jujur apa yang ditulis oleh pengarang. Sebelum saudara mengerti dengan jelas tentang apa yang ditulis oleh pengarang dan apa maksud penulisannya itu, saudara tidak dapat mempertimbangkan bagian itu dengan jujur. Jadi, penilaian harus dilakukan sesudah meneliti dan menafsirkan.

5. Menerapkan secara pribadi berita yang diungkapkan itu. Meskipun penerapan ini disebut sebagai langkah yang kelima dalam proses ini, tidak berarti bahwa langkah ini tidak sepenting langkah - langkah sebelumnya. Penerapan adalah sebagai hasil dari proses - proses lainnya. Penerapan adalah suatu proses yang bertumbuh, bukan hanya ditambahkan sebagai suatu lapisan luar tetapi terbit dari proses - proses lain.

6. Mewujudkan keyakinan saudara. Seorang pernah mengatakan, "Jangan menelaah Alkitab saja, tetapi lakukan sesuatu!". Terlampau sering penelaahan Alkitab hanya terdiri dari menanggapi kebenaran - kebenaran Alkitab dari segi kecerdasan dan perasaan, tetapi tidak mewujudkannya, yakni benar-benar melakukan apa yang dinyatakan oleh Tuhan kepada kita.

Selamat belajar menelaah Alkitab, jangan pernah bosan-bosan ya,hehehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar